PERANAN PEMUDA
DALAM MASYARAKAT
A.
Peranan pemuda
yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan tntutan
lingkungan.
Berdasarkan peran yang pertama dibedakan atas:
1.
Peranan pemuda sebagai
individu-individu yang meneruskan tradisi mendukung tradisi dan yang oleh sebab
itu dengan sendirinya berusaha mentaati tradisi yang berlaku, kebudayaan yang
berlakudalam tingkah laku perbuatan masing-masing . Dalam hubungannya dengan
persoalan ini menjadi kewajiban bagi pemuda untuk melestarikan kebudayaan
bangsa.
2.
Peranan pemuda sebagai
individu-individu yang berusaha menyesuaikan diri, baik dengan orang-orang atau
golongan yang berusaha mengubah tradisi, dengan demikian akan terjadi perubahan
dalam tradisi dalam masyarakat.
Kedua jenis
peranan pemuda di atas bisa mengakibatkan sumbangan pada usaha pembangunan
maupun merupakan hambatan terhadap usaha pembangunan. Pemuda yang berusaha
untuk menjadi pendukung tradisi, pendukung kebudayaan bisa merupakan bantuan
dalam usaha-usaha pembangunan, tapi juga bisa menjadi penghambat/penentang
pembangunan. Begitu juga pemuda yang berusaha mengubah tradisi belum tentu
menguntungkan pembangunan.
B.
Peranan pemuda
yang menolak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Berdasarkan peranan pemuda yang kedua dibedakan atas:
1.
Jenis pemuda urakan: jenis pemuda
yang tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat, tidak ingin
untuk mengadakan perubahan dalam kebudayaan, akan tetapi ingin kebebasan bagi
dirinya sendiri, kebebasan untuk menentukan kehendak diri sendiri.
2.
Jenis pemuda nakal: pemuda inipun
tidak ingin, tidak berminat dan tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan
dalam masyarakat ataupun kebudayaan, melainkan berusaha memperoleh manfaat dari
masyarakat dengan melakukan tindakan yang mereka anggap menguntungkan dirinya
tetapi merugikan masyarakat.
3.
Jenis pemuda radikal: pemuda radikal
berkeinginan untuk mengadakan perubahan revolusioner. Mereka tidak puas, tak
bisa menerima kenyataan-kenyataan yang mereka hadapi dan oleh sebab itu mereka
berusaha baik secara lisan maupun dalam tindakan rencana jangka panjang asal
saja keadaan berubah sekarang juga.
C.
Arah pembinaan
dan pengembangan generasi muda
1)
Orientasi ke atas kepada Tuhan Yang
Maha Esa, nilai-nilai kerohanian yang luhur dab falsafah hidup Pancasila. Ialah
pengembangan insan ber-Ke Tuhanan Yang Maha Esa, yang bertakwa kepada-Nya dalam
segala aspek kehidupannya, berbudi pekerti luhur dan bermoral Pancasila.
2)
Orientasi ke dalam terhadap dirinya
sendiri, ialah pengembangan sebagai insan biologis, insan intelek serta insan
kerja guna mengembangkan bakat-bakat dan kemampuan jasmaniah dan rohaniah agar
dapat memberikan prestasi yang semaksimal mungkin dengan mengembangkan
fakor-faktor kemampuan dalam dirinya.
3)
Orientasi ke luar terhadap
lingkungan (budaya, sosial, dan moral) dan masa depannya.
·
Pengembangan sebagai insan sosial
budaya.
·
Pengembangan sebagai insan sosial
politik dan sebagai insan patriot.
·
Pengembangan sebagai insan sosial
ekonomi, termasuk di sini adalah sebagai insan kerja dan insan profesi yang
memilki kemampuan untuk menggali, memanfaatkan dan mendayagunakan sumber alam
serta menjaga kelestariannya.
·
Pengembangan pemuda terhadap masa
depannya. Kepekaan terhadap masa depannya akan menumbuhkan kemampuan untuk
mawas diri, kreatif, kritis, serta menumbuhkan kesadaran bagi kesinambungan
nilai-nilai luhur bangsa dan negara.
D.
Kelompok Jalur
Utama Pemuda
1.
Jalur keluarga: pelaksanaan
pembinaan dan pengembangan adalah orang tua serta anggota keluarga terdekat
yang merupakan lingkungan pertama dalam rangka pelaksanaan konsepsi pendidikan
seumur hidup.
2.
Jalur generasi muda: masuk di dalam
organisasi-organisasi pemuda yang telah ada selama ini. Jalur yang dimaksud
adalah:
ü
Jalur SLTA dan SMA melalui OSIS
ü
Jalur kampus/perguruan
tinggi/akademi, melalui senant mahasiswa dan sebagainya.
ü
Jalur kepemudaan melalui KNPI,
Pramuka, Karang Taruna, Kelompok Pecinta Alam dan sebagainya.
E.
Kelompok Jalur
Penunjang Pemuda
1.
Jalur sekolah/pra sekolah.
Ini bisa
dilakukan melalui organisasi orang tua murid sedangkan untuk jalur pra sekolah
bisa dilakukan dengan jalan peningkatan penataan maupun pembakuan mutu dari
para pendidiknya serta sarananya.
2.
Jalur masyarakat.
Jalur ini
dibedakan atas: a) jalur masyarakat yang melembaga: lembaga peribadatan,
organisasi soial kemasyarakatan dan sebagainya. b) jalur masyarakat yang tidak
melembaga: pergaulan sehari-hari, tempat rekreasi dan sebagainya.
3.
Jalur koordinatif/jalur pemerintahan
F.
Peran Mahasiswa
dalam Masyarakat
Barangsiapa
menguasai generasi muda, berarti menguasai masa depan suatu bangsa, demikianlah
binyi suatu pepatah. Dari pepatah itu, berarti bahwa masa depan suatu bangsa
itu terletak di tangan generasi muda. Generasi mudalah yang harus menggantikan
generasi sebelumnya memimpin bangsanya.
Jumlah yang
sedikit tersebut, bagi pemuda yang sempat duduk di perguruan tinggi,, mempunyai
kewajiban untuk menyumbangkan tenaganya kepada masyarakat. Kalau tidak lebih
dendalam, maka mahasiswa pada garis besarnya mempunyai peranan sebagai:
1.
Agent of change
Bertugas untuk
mengadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat, ke arah perubahan dalam
masyarakat, ke arah perubahan yang lebih baik. Perubahan yang bersifat
kemanusiaan, di mana pengetahuan yang diterima dalam pendidikan dipakai demi
pengabdian manusia, agar dapat hidup bermartabat.
2.
Agent of development
Hal-hal yang
tidak sesuai dan menghambat kemajuan haruslah diganti dengan hal-hal yang baru
yang sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam mengadakan perubahan harus
memperlihatkan situasi dan kondisi di mana mereka berada. Perubahan yang
membawa kemajuan di negara lain belum bisa cocok untuk dilaksanakan di Indonesia.
Sebagai agent of development, mahasiswa bertugas untuk melancarkan pembangunan
di segala bidang yang bersifat fisik maupun bersifat non fisik.
3.
Agent of modernization
Mahasiswa ini bertindakdan bertugas sebagai pelopor dalam
pembaruan. Dengan sendirinya macam pembaruan yang bagaimana yang harus
dijalankan tidak terlepas dengan lingkungan masyarakat sekitarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar