Kamis, 10 Januari 2013

ORGAN


KEORGANISASIAN

A.    Keorganisasian
1)        Pengertian
Organisasi sering kita hubungkan dengan Departemen Pemerintah, Pemerintah Daerah, Perusahaan, Perusahaan Swasta dan lainnya.Organisasi adalah kumpulan Sekolompok atau beberapa orang yang mempunyai aktifitas mulai menyusun, merumuskan dan mengelola beberapa program untuk dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan sekelompok orang tersebut.
Dari kacamata administrasi dam menejemen, dalam setiap Organisasi seralu ada seseorang atau beberapa orang yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan sejumlah orang yang bekerja sama dengan segala aktifitas dan fasilitasnya. Orang yang bertanggung jawab harus mengkoordinasikan aneka ragam kegiatan sekumpulan orang yang lazimnya mempunyai kepentingan yang berbeda, disamping itu juga harus tau dan mengerti prilaku Manusia.
2)        Fungsi-fungsi Organisasi
Fungsi Organisasi adalah sebagai wadah atau tempat untuk menggerakkan segala aktifitas sehari-hari. Disamping untuk mengharmoniskan kelompok orang yng berbeda dan mempertemukan segala macam kepentingan sehingga dapat dimanfaatkan kemampuan itu untuk menuju kesatuan arah atau dengan kata lain sebagai wadah untuk menyelesaikan masalah untuk pendewasaan diri.
Untuk melihat bentuk-bentuk Organisasi perlu diketahui otoritas yang ada seperti Otoritas Garis dan Otoritas Staf. Otoritas Garis yaitu Kekuasaan yang di tunjukkan oleh Garis penghubung antara atasan dan bawahan sehingga membentuk sebuah garis dari atas kebawah sebuah Organisasi.
Otoritas Staf adalah Otoritas yang digunakan untuk menunjang Otoritasis  Staf  berarti bantuan dan ia ditugaskan untuk membantu pihak bercorak Otoritas Garis, Macamnya berupa Staf pribadi atau Specialis. 
3)        Bentuk-bentuk organisasi
Bentuk dan Struktur Organisasi dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Organisasi yang ada, Bentuk Struktur Organisasi secara umum ada beberapa yaitu :
ü  Organisasi Garis
Organisasi Garis adalah Organisasi yang hanya dapat dilakukan pada tingkatan atasan kepada bawahannya, demikian seterusnya dan masing-masing Menejer bertanggung jawab atas aktifitas yang diperlukan untuk tujuan Organisasi. Pada umumnya bentuk Organisasi ini digunakan oleh Organisasi sederhana atau kecil.
ü  Organisasi Garis Staf
Organisasi Garis Staf adalah Organisasi yang menggunakan Staf untuk membantu tugas-tugas pimpinan (Direktur) sesuai dengan Specialisasi dan kebutuhan Organisasi. Biasanya digunakan Organisasi-organisasi besar dan Komplek sedang tanggung jawab terbatas pada Specialisasi saja. 
ü  Organisasi Fungsional
Organisasi Fungsional adalah bentuk Organisasi yang menitik beratkan pada Fungsionarisasi karyawan sehingga pimpinan tidak punya bawahan yang jelas, sebab setiap atasan berwenang memberikan komando kepada setiap bawahan sepanjangf ada hubungan dengan fungsi atasan tersebut.
ü  Organisasi Komite
Organisasi Komite adalah Organisasi yang mempunyai pucuk pimpinan berupa dewan atau presidium. Semua kekuasaan atau tanggung jawab dipikul oleh dewan atau presidium itu sebagai satu-kesatuan, demikian pula keputusan-keputusan diambil oleh pimpinan tersebut sebagai kesepakatan kolektif dalam menjalankan roda organisasi.


B.     Manajement Organisasi
1)      Pengertian
Management adalah ilmu dan seni untuk mendapatkan sesuatu melalui kerja sama dengan orang lain yang direncanakan di organisasi, diarahkan dan diadakan pengawasan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan sebagai suatu ilmu, management merupakan kumpulan pengetahuan yang telah dinyatakan oleh statement umum dan dipertahankan oleh berbagai tingkat ujian. Sedangkan ilmu management adalah suatu kumpulan ilmu yang sistematis yang dikumpulkan dan diterima berdasarkan kebenaran-kebenaran yang universal. Untuk lebih integral memahami yang tercakup dalam management maka perlu meninjau aspek-aspek yang sangat berhubungan dengan management seperti administrasi dan organisasi. Administrasi merupakan proses kegiatan kerja, sedangkan organisasi adalah wadah aktifitas.
Dari uraian diatas dapat dipahami bahwa ketiga hal tersebut merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sebab semuanya berusaha unutk mencapai tujuan yang telah di rencanakan.
2)      Fungsi
Adapun uraian singkat tentang fungsi-fungsi management adalah


a.       Perencanaan (Planning)
Perencanaan merupakan penetapan awal dari apa yang akan dikerjakan dalam batas waktu tertentu untuk mendapatkan hasil tertentu dengan menggunakan faktor-faktor tertentu pula, termasuk penetapan tujuan dan prediksi dari semua aspek kehidupan.
b.      Pengorganisasian (Organizing)
Fungsi ini adalah dititik beratkan kepada pimpinan untuk menetapkan dan mengatur kegiatan yang dilakukan dalam mencapai tujuan, mengadakan pembagian kerja dan tanggung jawab dari masing-masing sumber daya manusia (SDM) yang terlibat.
c.       Pengarahan (Actuating)
Fungsi ini merupakan pemberian instruksi dari menejer kepada bawahan agar mau melaksanakan tugas yang dibebankan. Bentuk pengarahan dapat berupa perintah maupun delegasi wewenang atau orientasi.
d.      Pengkoordinasian (Coordinating)
Pengkoordinasian merupakan kegiatan  yang dilakukan  menejer dalam rangka menyelaraskan berbagai pendapat antara masing-masing orang terhadap suatu masalah sehingga keadaan menjadi harmunis.
e.       Pengawasan (Controlling)
Pengawasan merupakan penilaian terhadap pekerjaan baik yang sedang maupun yang telah dikerjakan. Sehingga dapat diketahui  jika terjadi penyimpangan yang dapat di sempurnakan, supaya memungkinkan bagi menejer memperkirakan gejala penyimpangan yang akan terjadi dan memungkinkan baginya untuk  melakukan suatu pencegahan.

Keberhasilan organisasi tidak dapat terlepas dari 3 (tiga) aspek:
1.      Pengurus yaitu orang yang mengurus organisasi  yang dituntut untuk memiliki nilai lebih dari orang yang diurusnya.
2.      Anggota artinya orang yang diurus  yang selalu dituntut untuk medukung, mengkritisi segala aktifitas yang ada.
3.      Sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar